Undangan Termurah Kendari






Geografis

Kota Kendari adalah sebuah kota yang terletak di Sulawesi Tenggara, yang wilayah daratannya berbukit-bukit sampai ke pesisir pantai. Sebagai ibukota dari Provinsi Sulawesi Tenggara, Kota Kendari terletak di 3º54’30” – 4º3’11” LS dan 122º23’ – 122º39’ BT dengan luas sekitar 295,89 km². Wilayah Kota Kendari berbatasan dengan:
  • Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe di sebelah Utara.
  • Laut Kendari di sebelah Timur.
  • Kecamatan Moramo, dan Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan di sebelah Selatan.
  • Kecamatan Ranomeeto (Kabupaten Konawe Selatan) dan Kecamatan Sampara (Kabupaten Konawe).
Dengan ketingian rata-rata 30 mdpl, Kota Kendari merupakan wilayah beriklim tropis. Suhu udara di Kota Kendari berkisar antara 19,58°-32,83°C dengan suhu rata-rata sekitar 26,20°C. Kota Kendari mengalami musim hujan sekitar bulan November hingga Maret dan musim kemarau sekitar bulan Mei hingga September. Sedangkan di bulan April dan Oktober, Kota Kendari mengalami musim peralihan atau disebut juga musim pancaroba. Pada musim ini, arus angin tidak menentu dan hujan yang turun tidak merata.
Secara administratif, Kota Kendari memiliki 64 Kelurahan dari 10 Kecamatan, antara lain:
  1. Kecamatan Abeli dengan ibukota Abeli.
  2. Kecamatan Baruga dengan ibukota Baruga.
  3. Kecamatan Kendari dengan ibukota Kendai.
  4. Kecamatan Kendari Barat dengan ibukota Benu-benua.
  5. Kecamatan Mandonga dengan ibukota Mandonga.
  6. Kecamatan Poasia dengan ibukota Andounohu.
  7. Kecamatan Kadia dengan ibukota Kadia.
  8. Kecamatan Wua-wua dengan ibukota Wua-wua.
  9. Kecamatan Kambu dengan ibukota Kambu.
  10. Kecamatan Puwatu dengan ibukota Puwatu.
ikon kota kendari 
Menurut sejarah, Kota Kendari sudah ada sejak abad ke-19 sebagai ibukota Kerajaan Laiwoi. Kota Kendari menjadi sebuah kota perdagangan dengan dibukanya pelabuhan perdagangan di Teluk Kendari oleh pemerintah Belanda. Bidang perdagangan kemudian berkembang karena keahlian berdagang Suku Bugis dan Suku Bajo yang bermukim di sekitar Teluk Kendari.
Kota Kendari kemudian berkembang menjadi Kota Perdagangan dan kota Pelabuhan. Pelabuhan Kendari merupakan pelabuhan transit dari jalur perdagangan antar pulau di bumu Utara Nusantara. Pada masa pemerintahan Belanda Kota Kendari menjadi ibukota Kawedanan dan ibukota Onder Afdeling Laiwoi. Dan seiring dengan perkembangan di Nusantara, Kota Kendari terus berkembang dan menjadi ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara.

Budaya

Dengan jumlah penduduk sekitar 289.468 jiwa(sensus penduduk tahun 2010), mayoritas penduduk Kota Kendari memeluk agama Islam. Kota Kendari dihuni oleh masyarakat dari Suku Tolaki, Suku Muna, Suku Buton, dan Suku Bugis. Sedangkan penduduk asli Kendari berasal dari Suku Tolaki.
Kebudayaan yang dimiliki Kota Kendari mayoritas bersumber dari kebudayaan Suku Tolaki. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Kendari memakai konsep ‘Kalo Sara’ yang berasal dari kebudayaan Tolaki. ‘Kalo Sara’ adalah nilai-nilai luhur kebudayaan Tolaki yang dilaksanakan pada setiap unsur kehidupan. Misalnya, dalam interaksi sosial, hukum adat, ekonomi, agama, budi pekerti, dan kesenian. Bagi masyarakat Kendari ‘Kalo Sara’ merupakan penyelaras dalam kehidupan, baik dalam berinteraksi dengan sesama, maupun dalam berinteraksi dengan alam dan Tuhan.
Selain dalam berinteraksi dengan masyarakat, kebudayaan Kota Kendari bisa dijumpai pada produk-produk kebudayaannya. Seperti contoh pada Upacara Perkawinan, Pakaian Adat, Kesenian Tari, dan Kesenian Musik. Kendari memiliki beberapa tarian tradisional, misalnya Tari Lulo, Tari Mondotambe, Tari Mekindohosi, dan Tari Moana. Biasanya pada tarian tradisional diiringi oleh Kesenian Musik dan Alat Musik Tradisional. Kesenian Musik tersebut biasanya memakai alat dari bambu dan gong. Namun dewasa ini, keberadaan alat tersebut tergantikan oleh alat musik keyboard.
kerajinan perak, kota kendari
Masyarakat Kendari juga terkenal sebagai pengerajin perak yang handal. Mereka memiliki teknik tersendiri dalam membuat kerajinan dari perak. Selain itu, masyarakat Kendari juga membuat kerajinan dari kayu, yang dikenal dengan nama Kerajinan Gembol. Kerajinan ini menggunakan bahan dasar dari berbagai jenis kayu, seperti kayu jati dan kayu cendana.

Tempat Wisata

Taman Hutan Murhum, Sulawesi Tenggara 
Wilayah Kota Kendari merupakan wilayah yang berbukit-bukit dan berpesisir pantai. Iklimnya yang tropis membuat Kota Kendari memiliki alam yang asri dan lebat. Jika Anda berkunjung ke Sulawesi Tenggara, sempatkan diri Anda untuk menengok beberapa tempat wisata yang ada di Kota Kendari.
Berikut daftar beberapa tempat wisata yang ada di Kota Kendari:

Indeks istilah umum: kota kendari, kendari daerah mana, gambar kota kendari, kendari provinsi, kota kendari menjadi ibukota provinsi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages